Ahmad Naufa
Financial Discussion Series

Pada hari Senin, 8 Oktober 2019 Pusat Kajian Pasar Keuangan FEB UGM kembali menyelenggarakan kegiatan rutin Financial Discussion Series ke 6 yang diadakan di Gedung Magister Sains dan Dokter FEB UGM.

Acara discussion series kali ini dibawakan oleh guru besar dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI), Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra, MM. dengan penelitiannya yang berjudul “Individual Investor Attention to Stock Split and the Disposition Effect”.

Beliau telah membuktikan adanya atensi investor individual terhadap split signal yang mengakibatkan berkurangnya disposition effect. Efek ini merupakan suatu perilaku tidak rasional dimana investor individu memiliki kecendurungan untuk menjual saham winner terlalu cepat dan menahan saham losser terlalu lama.

Seusai presentasi mengenai penemuan beliau, sesi tanya jawab dibuka oleh moderator dari Pusat Kajian Pasar Keuangan. Peneliti menemukan bahwa 1) para investor begitu memperhatikan stock splits, khususnya ketika stock split dengan rasio split yang tinggi 2) stock split memperlemah disposition effect dan kualitas dari sinyal split (contoh: rasio split tinggi) berperan penting dalam mereduksi disposition effect 3). Hasil tersebut tetap konsisten setelah beberapa robustness checks, dan setelah memasukkan kemungkinan confounding effect seperti perubahan dalam ukuran tick dan harga.

Penemuan beliau yang berfokus pada event study pada Pasar Modal Indonesia kiranya sangat menarik hingga mengundang banyak antusiasme dari civitas akademika FEB UGM.