Ahmad Naufa

  • Apa itu Thomson Reuters – Eikon?

Thomson Reuters – Eikon merupakan platform untuk para profesional keuangan yang digunakan sebagai database pasar keuangan, tools analisis pasar keuangan, dan perangkat lunak trading. Selain itu, Thomson Reuters – Eikon juga menyediakan berita pasar keuangan sebagai market-leader secara eksklusif.

 

Content & Analytics:

  1. Pricing Data – A Single Source for Pricing

Thomson Reuters-Eikon memberikan akses harga beberapa aset yang akurat dan terkini yang berasal dari bursa, pialang, dan para ahli dari seluruh dunia. Thomson Reuters-Eikon memiliki keunggulan data berupa:

  • 70 juta daily snapped price points
  • 162 spot prices dengan cross rates lebih dari 1.500 pasang mata uang
  • 2,000+ interbank & broker sources
  • Data intraday time series tersedia hingga 25 tahun
  • Fixed income pricing oleh ICAP, Tradeweb, dan TRACE
  1. Financial Research Tools – Unique Insights in A click

Baik dalam equity market maupun fixed-income market, pengguna Thomson Reuters-Eikon dapat memperoleh akses beberapa riset terbaik dan data keuangan langsung dari broker. Dalam satu kali klik, pengguna dapat secara langsung memperoleh lebih dari 25 juta dokumen yang berasal dari 70.000 perusahaan secara global, serta dapat menemukan hasil riset investasi yang dibutuhkan dengan mudah. Adapun informasi yang disajikan adalah informasi terpercaya oleh lebih dari 900 kontributor yang merupakan seorang pialang, investment bank, maupun perusahaan riset independen.

  1. Reuters Financial News – Know First, Act First

Thomson Reuters-Eikon juga menyajikan beberapa berita eksklusif paling update dibanding sumber yang lain. Berita yang disajikan mulai dari berita ekonomi, peristiwa politik, hingga perkembangan cuaca di seluruh dunia. Hingga saat ini, Thomson Reuters-Eikon memiliki lebih 3.000 jurnalis (full time) di 200 biro.

Thomson Reuters-Eikon juga menyajikan analisis fundamental secara lebih tajam dibanding sumber lain dan trading chart untuk visualisasi data.

 

  • Mengapa Thomson Reuters-Eikon Penting?

Reuters Thomson-Eikon menyajikan analisis data keuangan yang mendalam dan komprehensif sehingga sesuai untuk para akademisi. Thomson-Eikon Reuters dapat memberikan informasi data keuangan dengan akses yang mudah melalui MS-Excel. Data yang diperoleh dapat terupdate secara real time. Platform ini juga menyediakan berbagai analisis pasar keuangan yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan.

Adapun fitur penting yang disajikan Reuters Thomson-Eikon mencakup:

Reuters News

Berita keuangan terpercaya oleh +2.500 jurnalis dari berbagai negara

I/B/E/S Estimates

Mencakup 22.000 perusahaan di lebih dari 88 negara

 

Global Pricing Data

Global, multi-asset pricing, terms and conditions, & analytics

Data yang tersedia diperoleh dari 2.000 sumber

Deals & League Tables

Unrivaled investment banking transaction data & New Issues Deal coverage

 

Company Fundamentals

Data fundamental perusahaan paling komprehensif

mencakup 99% global market cap, dari 150 negara

Datastream

Data time series keuangan yang lebih komprehensif dengan memuat informasi selama 65 tahun

 

Unmatched Real-Time Research

Real-time research yang berasal dari 1.300 kontributor dari 87 negara

Lipper Funds Data

Unrivaled fund performance data ratings, analytical tools & commentary

Mencakup 280,000 collective investments di 63 perusahaan

 

 

  • Thomson Reuters – Eikon tidak memiliki batasan kuota untuk data keuangan yang tersedia.
  • Thomson Reuters – Eikon memiliki fitur Eikon Excel yang mempermudah pengguna dalam pencarian data. Pengguna dapat membuat formula melalui MS-Excel dan dengan mudah secara langsung diperoleh data yang dibutuhkan.
  • Thomson Reuters – Eikon dapat menyajikan data secara real-time pada MS-Excel, MS-Word, maupun MS-Power Point sehingga pengguna lebih dimudahkan untuk data yang memerlukan update secara kontinu. Data di MS-Excel pun dapat dikaitkan (link) secara langsung ke MS-Word, maupun MS-Power Point.
  • Data yang disajikan pada platform Thomson Reuters Eikon meliputi cakupan yang luas, mulai dari data keuangan, komoditas, perkiraan cuaca, hingga data transportasi di dunia.
  • Thomson Reuters Eikon dapat digunakan oleh mahasiswa secara langsung di Financial Market Updates di beberapa komputer.