Ahmad Naufa

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) mengemban misi untuk selalu menjalankan pendidikan, penelitian, pengabdian dan pelestarian pengembangan ilmu yang unggul serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan civitas akademika FEB UGM. Dalam menjalankan misi tersebut, FEB UGM harus senantiasa meningkatkan inovasi dalam pengajaran dan pembelajaran yang ada. Sebagai salah satu inovasi dalam pengajaran dan pembelajaran, FEB UGM membentuk laboratorium khusus sebagai pusat pembelajaran nyata bagi mahasiswa. Financial Market Updates merupakan salah satu laboratorium yang dibentuk untuk memajukan pengetahuan dan pengajaran terkait pasar keuangan, khususnya di Indonesia.

Financial Market Updates bergerak sebagai agen pendorong literasi keuangan bagi masyarakat Indonesia, khususnya mahasiswa UGM. Financial Market Updates dibentuk dengan tujuan melakukan pengumpulan, pengolahan, penyebaran, dan penyimpanan informasi terkait data pasar keuangan yang dibutuhkan oleh civitas akademik FEB UGM untuk kepentingan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan terkait pasar keuangan.

Dalam menjalankan perannya sebagai pusat data pasar modal di FEB UGM, Financial Market Updates menyediakan adanya fasilitas penunjang berupa platform yang memuat data pasar keuangan. Platform tersebut digunakan sebagai alat bantu untuk memperoleh informasi, berita, analisis, dan perdagangan pasar secara komprehensif dan tersedia di desktop sehingga dapat membantu civitas akademik FEB UGM untuk kepentingan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Saat ini, platform database keuangan yang digunakan oleh Financial Market Updates adalah Thomson Reuters-Eikon.